Rabu, 05 Desember 2012

tugas kewirausahaan meresume



Tujuan dan manfaat analisis data bagi seorang wirausaha dalam menjalankan dan mengelola sebuah usaha adalah sebagai berikut:
a.       Memperoleh data yang lebih akurat untuk diberikan kepada bagian yang membutuhkan
b.      Mengetahui semua kecenderungan (tren) di masa datang
c.       Meminimalkan risiko kegagalan dari sebuah keputusan strategis yang akan diambil
d.      Mengetahui kondisi dan kinerja usahanya
e.       Mengetahui kecenderungan permintaan terhadap produknya dengan riset dan survey lapangan
Jenis data yang dibutuhkan wirausaha untuk dianalisis adalah sebagai berikut
a.       Data produk yang lolos uji kualitas (defect product)
b.      Kredit macet yang yang pembayarannya melebihi syarat pembayaran (term of payment)
c.       Data mengenai tingkat kebutuhan produk yang dibutuhkan dalam rangka peluncuran produk baru
d.      Tingkat kepuasan dan keluhan pelanggan terhadap produk dan pelayanan perusahaan
e.       Jumlah penjualan yang akan dijadikan prediksi penjualan yang akan datang (slaes forecast)
f.       Catatan dari laporan keuangan (cashflow)
g.      Data tentang informasi yang diperluakan dalam pengambilan keputusan investasi

Sumber-sumber yang perlu diketahui dan dimanfaatkan oleh wirausaha adalah sebagai berikut:
a.       Sumber data langsung dari lapangan melalui riset dan survey
b.      Sumber data yang berasal dari media massa
c.       Sumber yang berasal dari pemerintah
d.      Sumber dari data internal perusahaan

Analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika
            Ada banyak metode dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan data, antara lain perhitungan statistik melalui analisis persamaan regresi dan korelasi.
a.       Regresi linear sederhana keberadaan variabel bebas (x) mempengaruhi nilai variabel tak bebas (Y)
Y= a + bX
Dimana:
Y   : variabel tak bebas (dependent)/ yang dipengaruhi
X   : variabel bebas (independent)/ yang mempengaruhi
a    : konstanta
b    : kemiringan (slope)
nilai a dihitung dengan menggunakan rumus

  a=

∑Y - b (∑X)
n




Sedangkan koefisien yang kemiringan/slope (b) dihitung dengan menggunakan rumus berikut.

b=

n ∑XY - (∑X)(∑Y)
n(∑X2) - (∑X2)


b.      Kolerasi linear sederhana adalah analisis yang digunakan untuk mengukur derajat keeratan hubungan antara dua variabel (X dan Y).
Koefisien kolerasi (r) dirumuskan sebagai berikut

r=
n∑XY - (∑X)(∑Y)
(n∑X2 - (∑X)2) x (n∑Y2) - (∑Y2)

Faktor penggerak perusahan (driver of change)
a.       Ekonomi, misalnya:
1)      Tingkat pendapatan (income percapita)
2)      Pertumbuhan penduduk
3)      Krisis ekonomi dan moneter
b.      Faktor pasar, misalnya:
1)      Perubahan pola persaingan
2)      Perubahan gaya hidup
3)      Perubahan yang dimotori oleh pesaing yang memasuki bisnis secara serentak secara serentak karena ketertarikan pertumbuhan pasar, seperti:
a)      Mudah membuat,
b)      Mudah menjualnya,
c)      Mudah membangun bisnis tersebut
c.       Faktor perkembangan teknologi
d.      Faktor iklim dan cuaca
Pengaruh perubahan terhadap strategi menjalankan usaha
Perubahan memiliki 4 konsekuensi, yaitu:
a.       Perubahan akan menciptakan peluang atau kesempatan
b.      Perubahan akan menciptakan ancaman
c.       Perubahan dapat memperlemah daya saing dan kondisi perusahaan
d.      Perubahan dapat memperkuat kondisi, daya saing dan strategi
Seorang wirausaha harus senantiasa mengendalikan perusahaan agar dapat fokus pada visi dan misi usaha meskipun sedang terjadi perubahan dipasar, ekonomi, teknologi, dan lingkungan yang dapat mengancam daya saing perusahaan. Selain itu, seorang wirausaha juga harus tetap ingat dengan faktor T.I.M.E (Timing, Intuition, Momentum, Effort) dan harus dapat memanfaatkan perubahan guna membubuhkan perusahaan.
Perilaku konsumen dan permintaan suatu produk dipasar
perilaku konsumen terhadap suatu barang akan menimbulkan permintaan dipasar. Ada 2 anggapan pokok untuk dapat mewujudkan Hukum Permintaan
1)      Kepuasan setiap konsumen dapat diukur dengan uang atau satuan terukur
2)      Tingkat kepuasan konsumen dapat lebih tinggi atau lebih rendah
Jadi dalam mencapai kepuasan marginalnya konsumen akan selalu berusaha untuk mencapai kepuasan maksimal dengan kuantitas dan harga yang seimbang. Hal ini dapat disebut dengan Customer Statisfaction Equalibrium. Bila kondisi tersebut telah tercapai, konsumen akan semakin loyal.
Mekanisme harga di pasar
dengan mengetahui mekanisme harga, hukum permintaan, hukum penawaran, dan keseimbangan pasar, seorang wirausaha diharapkan dapat menentukan harga dan jumlah barang yang akan menyebabkan terjadinya Break Even Point yang dapat digunakan untuk menentukan strategi kebijakan harga dalam rencana usaha.
Mengenal perilaku konsumen dalam menentukan strategi pemasaran dan promosi
Pemasar perlu mempelajari keinginan, persepsi, prefensi dan perilaku konsumen yang sebenarnya dalam membeli produk yang dibutuhkannya.
a.       Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
1)      Budaya
2)      Kelas sosial
Kelas sosial terbagi atas:
a)      Kelas sosial atas
b)      Kelas sosial atas- menengah
c)      Kelas sosial atas-bawah
d)     Kelas sosial menengah-menengah
e)      Kelas sosial menengah-bawah
f)       Kelas sosial bawah-bawah
Kelas sosial diidentifikasikan dari:
a)      Tingkat pendapatan
b)      Fasilitas yang dimiliki
c)      Jabatan dan tingkatannya
d)     Posisi dimasyarakat
e)      Tempat tinggal
f)       Kebiasaan
3)      Keluarga
4)      Usia dan tahap siklus hidu[
5)      Jenis pekerjaan
6)      Kondisi ekonomi
7)      Gaya hidup
Proses keputusan pembelian
Ada lima peran yang dimainkan seseorang dalam mengambil keputusan pembelian yaitu:
1)      Pencetus ide (initiator)
2)      Pemberi pengaruh (infkuencer)
3)      Pemberi keputusan (decider)
4)      Pembeli (buyer)
5)      Pemakai (user)
Daur hidup produk product (product life cycle)
Daur hidup produk merupakan tahapan-tahapan penting dari produk yang menegaskan bahwa sifat-sifat itu akan menentukan pertumbuhan produknya.
Daur hidup produk terdiri dari 4 tahap yaitu:
a)      Tahap perkenalan (introduction)
b)      Tahap pertumbuhan (growth)
c)      Tahap mapan (mature)
d)     Tahap penurunan (decline)



Soal
1.      Sebutkan 4 tahap untuk daur hidup produk!
2.      Sebutkan sumber-sumberanalisis data!
3.      Sebutkan contoh faktor ekonomi dalam faktor penggerak perubahan!
4.      Sebbutkan contoh faktor pasar dalam faktor penggerak perubahan!
5.      Sebutkan konsekuensi dari perubahan strategi usaha!
6.      Sebutkan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen!
7.      Sebutkan macam-macam kelas sosial!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar